Skip to main content

Ulasan 1: How Bitcoin Works

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai How Bitcoin Works yang ada pada video : https://youtu.be/JyxRH18YlpA. Video ini diunggah pada tahun 2015 oleh Computerphile. Speaker dalam video ini adalah Professor Ross Anderson dari University of Cambridge Computer Laboratory. Video ini berdurasi selama 7 menit 29 detik dan sudah dilihat sebanyak lebih dari 241 ribu kali.

Ringkasan

Bitcoin merupakan sesuatu hal yang cukup terkenal akhir-akhir ini. Video ini menjelaskan bagaimana Bitcoin dapat membuat pencatatan transaksi yang ada dalam dunia ini bisa bersifat sangat transparan dan tersimpan dengan rapi. Tidak seperti pencatatan dalam Bank, yang hanya segelintir orang saja yang dapat mengecek transaksi tersebut.


Terdapat ribuan orang yang disebut dengan Bitcoin miners. Bitcoin miners merupakan para penambang Bitcoin yang berkompetisi untuk menemukan hash selanjutnya yang disebut dengan blockchain setiap 10 menit. Konsep utama dalam Bitcoin adalah penggunaan hash dalam transaksinya. Dengan adanya hash tersebut, transaksi dapat teridentifikasi dengan jelas.

Pendapat Penulis

Video ini mengulas dengan cukup mudah dipahami. Namun, pembicaranya kurang baik dalam menjelaskan penggunaan hash di dalam Bitcoin itu sendiri. Sehingga masih banyak terjadi kebingungan dari bagaimana Bitcoin berjalan


Github Account : izzatr
URL Ulasan : https://os-izzatr.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-how-bitcoin-works.html
URL Konten : https://youtu.be/JyxRH18YlpA, durasi 7:29
Author: Prof. Ross Anderson - Computerphile
Pemetaan : week02
revisi pertama : 19 Mei 2017
revisi terakhir : 19 Mei 2017

Comments

Popular posts from this blog

RANKING10

RANKING04

Ulasan 2: Virtual Memory

Pada artikel ini saya akan mereview video yang ada pada link berikut: https://youtu.be/2quKyPnUShQ. Video ini berjudul What is virtual memory - Gary Explains. Video ini sudah dilihat sebanyak lebih dari 27 ribu kali sejak pertama kali diupload pada Februari 2017.

Ringkasan

Sekarang ini, banyak sekali benda-benda yang diawali dengan kata "virtual". Tentu sudah tidak asing lagi terdengar "virtual currency", "virtual reality", dan lain sebagainya. Hal itu tentu diawali dengan adanya virtual memory.

Ketika kita memiliki dua program berjalan, kita perlu memerhatikan beberapa hal seperti: 1. Dimana setiap program disimpan dalam memori? 2. Hindari overwrite data dalam memori, 3. Relative Addressing. Dengan adanya virtual memory, masalah fragmentation dapat teratasi dengan cukup baik. Karena masing-masing aplikasi dibuat seperti aplikasi tersebut adalah satu-satunya aplikasi yang sedang berjalan.

Ketika aplikasi menginginkan untuk mengakses address, terdapat MMU yang…